Mau pilih Blogspot atau wordpress? - FR Productions

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 17 Februari 2013

Mau pilih Blogspot atau wordpress?


 
Blogspot atau wordpress, mungkin 2 platform blogging itu yang membuat anda yang ingin memulai ngeblog bertanya-tanya, sebaiknya memilih yang mana. Memang ada banyak platform blogging yang menyediakan fasilitas ngeblog gratis, namun yang paling populer digunakan adalah memang blogspot dan wordpress.
 
Untuk memilih antara 2 platform blogging diatas ada beberpa hal yang perlu dipertimbangkan, karena berhubungan erat dengan cara membuat blog anda nantinya :
Kemudahan ngeblog
Dari segi kemudahan dalam mengoperasikannya, sebenarnya relatif juga, namun ada satu hal penting bahwa dalam segi pengelolaan, halaman admin wordpress lebih mudah digunakan. Karena dari mulai menulis posting baru, mengganti theme (tema), menambah plugin, dan lain-lain, semua bisa dikerjakan dengan mudah dalam satu halaman admin dan panel-panel menu admin lebih terorganisir dan mudah dipahami. 

Tujuan ngeblog
Jika tujuan ngeblog anda adalah non-komersil alias tidak untuk mencari penghasilan dari blog, dan anda tidak ingin mengeluarkan biaya sedikitpun, wordpress lebih cocok. Karena ada 2 jenis wordpress, yaitu wordpress.com (instant, tidak butuh membeli domain dan hosting) dan wordpress[dot]org (kita harus membeli domain dan menyewa hosting). Anda bisa memilih menggunakan wordpress[dot]com, Disini point-nya adalah lebih mudah dan gratis di wordpress[dot]com. Membuat blog di blogspot juga gratis, namun tidak lebih mudah jika di wordpress[dot]com, tidak perlu bingung lagi memilih blogspot atau wordpress.
Jika tujuan ngeblog kita memang untuk mencari penghasilan dari blog, tapi anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk sewa hosting dan membeli domain, tanpa mempertimbangkan dari segi kemudahan penggunaannya, maka anda bisa memulai dengan blogspot. Karena wordpress[dot]com tidak memungkinkan anda untuk memasang program periklanan maupun affiliasi.
Yang terakhir untuk memilih menggunakan blogspot atau wordpress, jika tujuan anda adalah memang mencari uang dari blog dan anda siap mengeluarkan sedikit dana untuk sewa hosting dan domain, maka pilihan terbaik menurut saya adalah menggunakan wordpress[dot]org, Anda tinggal mengupload file wordpress yang bisa anda download di www.wordpress.org ke hosting online anda.
Tutorial mengenai bagaimana mengupload/menginstall wordpress ini akan saya jelaskan pada artikel nanti. Terimakasih.
PS : Pertimbangan-pertimbangan diatas adalah pertimbangan pribadi saya mengenai memilih blogspot atau wordpress berdasarkan pengalaman saya pribadi, Akan lebih baik jika anda mencoba keduanya sampai pada titik anda bisa menentukan pilihan yang terbaik bagi anda, itu akan lebih baik. Petimbangan saya hanyalah sebagai referensi saja, karena bisa jadi pertimbangan anda atau orang lain akan berbeda.










1 komentar: