Seni Grafis - FR Productions

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 29 Desember 2012

Seni Grafis


1. Arti Seni Grafis

Desain grafis atau seni grafis adalah salah satu bentuk seni rupa yang memberi kebebasan kepada sang pencipta atau perancang untukmemiliki, menciptakan atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan dan grafis di atas permukaan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Desain grafis biasa diterapkan di dunia periklanan, packaging, perfilman dan lain lain. Pengertian lain seni grafis adalah bentuk seni rupa yang menggabungkan elemen-elemen seni rupa dengan bisnis atau industri dalam upaya memberikan dan menyampaikan gagasan visual kepada masyarakat dalam bentuk pesan komunikasi.

2. Jenis-jenis Karya Seni Grafis

a. Poster
Poster adalah karya grafis dalam bentuk media komunikasi visual yang diterakan di atas selembar kertas berukuran tertentu dengan komposisi dan tata letak huruf, gambar serta warna yang menarik
b. Spanduk
Spanduk adalah karya grafis yang diterakan di atas kain yang yang direntangkan di jalan-jalan.
c. Media Masa Cetak
Media masa cetak adalah produk industri grafika yang di dalamnya melibatkan secara langsung desain grafis dan seni grafis.
d. Selebaran dan Stiker
Selebaran adalah media grafis yang berisi pesan-pesan tertentu dan disampaikan secara langsung kepada masyarakat. Stiker atau gambar tempel merupakan karya grafis dalam bentuk media komunikasi yang dapat ditempelkan diberbagai tempat.
e. Kalender
Aspek grafis dalam kalender dapat dikembangkan menjadi suatu penanggalan sebagai sarana efektif bagi promosi sesuatu.
f. Mobile
Mobile adalah karya grafis yang dibuat dalam lembaran yang dapat digantungkan sehingga kalau terkena angin akan bergerak-gerak.
g. Embalase
Embalase adalah suatu kemasan produk yang berisi pesan-pesan grafis bagi konsumen.
h. Brosur
Terdiri dari booklet dan leaflet, booklet berbentuk buku yang berkaitan dengan penyelenggaraan suatu acara, sedangkan leaflet adalah bentuk brosur singkat yang hanya terdiri atas satu lembar kertas yang dilipat 3 sehingga menjadi 6 halaman.
i. Billboard atau Baliho
Billboard atau baliho adalah ruang advertensi berukuran besar yang dipancangkan di tepi jalan atau di atap sebuah gedung.
j. Film
Film biasanya disaksikan pada layar televisi pada rangkaian seperti iklan, awal film dan video klip.
k. Halaman web
Halaman web atau web page adalah media grafis yang dimunculkan lewat internet.
3. Sifat dan Tujuan Karya Grafis
Berdasarkan kepentingan dan isi pesan yang dikandungnya, karya grafis dapat dikelompokkan menjadi:
a. Karya grafis untuk kepentingan komersial
b. Karya grafis untuk kepentingan sosial
c. Karya grafis untuk kepentingan artistik

8 komentar: